Tips agar ASI lancar dan banyak

8 Feb

Saat menyusui adalah anugerah yang terindah yang pernah Tuhan berikan kepada wanita. Karena hanya pada wanita dia mempercayakan kesempatan istimewa itu. Sebagai ibu baru tentu kita pasti lagi semangat menggebu-gebu untuk memberikan ASI eksklusif untuk buah hati kita, namun sayangnya banyak ibu-ibu muda yang tidak memberikan ASI eksklusif untuk anak mereka karena berbagai hal. Saya mau sharing tips-tips yang sudah saya coba praktekkan selama saya masih menyusui anak saya dan ternyata berhasil :

1. Niat yang teguh dan kuat untuk menyusui anak kita
Kadang sering lingkungan kita tidak mendukung untuk kita memberikan ASI eksklusif kepada anak kita, karena itu ibu harus memiliki niat sekuat baja dan selalu percaya bahwa ASI kita akan selalu cukup untuk anak kita. Karena ASI diproduksi sesuai dengan kebutuhan anak. Ketika anak kita lagi butuh 100ml… maka pabrik ASI ibu akan memproduksi sebesar 100ml. Jadi ibu, jangan pernah takut ASI-mu tak cukup… percayalah ASI-mu akan selalu cukup buat untuk bayi anda.

2. Pikiran tenang, rileks, dan suasana hati yang gembira
Kalau ibu dalam keadaan rileks dan memiliki perasaan gembira, otak akan mengeluarkan hormon endorfin yang membantu kelancaran ASI. Karena itu sebaiknya ibu menyusui harus selalu dalam keadaan rileks dan suasana hati yang gembira. Lakukan pekerjaan apa saja menyenangkan hati anda. anda merasa rileks saat dipijat, maka pergilah dipijat… atau saat membaca buku… maka bacalah buku favorit anda. Intinya, buat diri anda santai… Terutama untuk ibu bekerja, sebelum anda mulai memeras… sebaiknya tenangkan pikiran anda dan buat diri anda dalam keadaan senyaman mungkin.

3. Istirahat yang cukup
Berikan tubuh anda waktu yang cukup untuk beristirahat, karena tubuh yang bugar akan membantu proses kelancaran ASI anda.

4. Banyak makan sayuran dan buah-buahan
Pastikan makanan anda memiliki porsi yang lebih banyak untuk sayuran dan buah-buahan. Kalau bisa makan sayur-sayuran yang hanya direbus… dan tidak terlalu lama direbusnya, untuk mencegah hilangnya nutrisi yang terkandung di dalam sayuran. Ada sayuran tertentu yang dipercaya dapat membuat ASI tambah banyak, antara lain : katuk dan daun bangun-bangun (dari kebiasaan orang batak). Pengalaman saya, bayam juga sangat menolong agar ASI berlimpah. Jadwalkan di hari-hari anda untuk minum jus buah-buahan setidaknya 2 gelas setiap hari.

5. Banyak minum air putih hangat
Hindari minuman dingin, teh, kopi, atau minuman berkarbonasi. Minumlah air hangat sebanyak-banyaknya.

6. Banyak makan makanan yang berkuah
Sering-sering makan sop iga, sop kambing, atau sop ayam (yang bening, ga pakai santan) akan membantu kelancaran ASI anda.

7. Susui anak anda sesering mungkin
Kalau anda ibu bekerja, susuilah anak anda selama anda di rumah… atau sekarang banyak kantor yang menyediakan TPA, bisa anda titipkan di TPA di kantor anda. Bawalah selalu anak anda kemanapun anda pergi selagi anda bisa. Semakin banyak anak anda menghisap, maka ASI anda akan semakin lancar dan banyak.

8. Berdoa
Semua usaha anda akan sia-sia jika anda tidak mengandalkan Tuhan dalam usaha anda. Karena itu mohonlah kepada Tuhan untuk memberkati setiap usaha anda. Percayalah, setiap niat yang tulus akan dikabulkan-Nya.

9. Perhatikan kualitas ASI anda
Makanlah makanan yang bergizi tinggi dan hindari makanan yang sarat fat. Ibu menyusui dianjurkan untuk makan ikan laut seperti tuna, kakap, atau salmon, dll. Perhatikan keseimbangan dalam menu makanan anda. Variasi makanan anda akan sangat menolong bayi anda untuk mau makan apa saja pada saat dia makan makanan kerasnya sendiri. Jika pada saat menyusui anda menyukai ikan, maka anak anda akan suka ikan pada saat dia besar nanti.

10. Pijat payudara
Massage payudara anda secara rutin sebelum mandi, bisa pakai baby oil tapi lebih disarankan memakai minyak kelapa karena minyak kelapa tidak membuat kulit anda kering. Sebaiknya kegiatan ini sudah anda lakukan ketika anda hamil. Teknik memijat payudara bisa anda baca di buku-buku panduan menyusui. Misalkan seperti teknik pijat memutar atau mendorong.

Teknik memutar, pegang payudara kiri dengan tangan kiri anda di bagian bawah, kemudian dengan menggunakan tangan kanan, gunakan jari telunjuk dan jari tengah anda (posisi lurus sedikit di atas puting), lalu tekan dengan lembut namun pasti lakukan gerakan memutar searah jarum jam, mulai dari daerah aerola (dekat puting) mengarah ke luar.

Teknik mendorong, tahan payudara anda dengan tangan sebelah kiri ditaruh di bagian bawah payudara anda, tangan kanan posisi terbuka dan jari-jari rapat, lalu gunakan telapak tangan anda untuk menekan payudara anda dari arah atas payudara kemudian bergerak ke arah dalam (ke arah puting), lalukan gerakan itu dari seluruh penjuru payudara, anda seperti memerah. Jangan lupa untuk mengompres payudara anda dengan air hangat sesudah pijat dan kemudian basuhlah dengan air dingin.

Semoga tips-tips di atas bermanfaat untuk anda dan selamat menikmati indahnya saat menyusui dan menikmati kedekatan anda dengan buah hati anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: